MENGGALI POTENSI MINAT DAN BAKAT SISWA INKLUSIF DI SEKOLAH METAL DENGAN PARENTING, KONSELING, DAN SKILL EDUCATION

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah siswa dapat mengetahui cara menggali potensi minat dan bakat siswa ABK di SMP Negeri 27 Surabaya. Kemudian selanjutnya siswa dapat mengetahui kendala yang dihadapi sekolah dalam menggali potensi minat dan bakat siswa ABK di SMP Negeri 27 Surabaya dan dapat mengetahui upaya sekolah dalam menggali minat dan bakat siswa ABK di SMP Negeri 27 Surabaya. Metode yang dipakai dalam penulisan makalah ini deskriptif yaitu dokumentasi dan kajian pustaka/Literatur. Kajian pusta literatur di peroleh dari buku-buku di perpustakaan dan beberapa jurnal yang seseuai dengan tema artikel yang penulis buat. Pada awalnya penulis mengindentifikasi permasalahan pembelajaran ABK melalui pengamatan dan wawancara, serta menganalisis secara lengkap hasil tersebut secara deskriptifif. Hasil tindak lanjut menunjukan bahwa antara guru pembimbing khusus dalam melihat karakteristik siswa ABK dilihat dari hasil pembelajaran, rasa ingin tahu,  serta sikap siswa dalam keseharian. Guru khusus dalam prakteknya banyak memberikan kegiatan yang bersifat keterampilan ( Skill education) untuk dapat mengetahui berbagai potensi minat bakat siswanya, demikian juga kerja sama sekolah dengan orang tua ( Parenting) sangat menentukan minat bakat anaknya, tentunya juga tidak terlepas dari bimbingan dan koseling dari Psikolog,baik melalui dialog maupun test kemampuan minat dan bakat sesuai dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Rekomendasi ini diberikan kepada siswa yang berkebutuhan khusus untuk masuk ke SMA/K Negeri melalui jalur prestasi, jalur inklusi ,