MENDONGKRAK PROFESIONALISME GURU MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH DI SMPN 2 TALEGONG

Abstract

Tujuan penulisan best practices ini adalah untuk mendongkrak profesionalisme guru melalui model alternatif pelatihan yang menawarkan model in-service training yang lebih fokus pada upaya pemberdayaan guru sesuai dengan kapasitas serta permasalahan yang dihadapi masing-masing, model tersebut adalah lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS). Hal ini dilakukan  karena pelatihan yang selama ini berjalan tidak efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMPN 2 Talegong. Adapun hasil yang dicapai adalah: 1) inovasi dalam perencanaan pembel.   Oleh karena itu Lesson Study Berbasis Sekolah (LSBS) adalah solusi terbaik untuk meningkatkan profesionalisme guru, dengan tahapan kegiatannya adalah:  1) tahap Pra-Leson Study yang terdiri dari pembekalan, membentuk kelompok guru, menyusun jadwal, menetapkan guru model; 2) tahap pelaksanaan Lesoon Study, terdiri dari, perencanaan (plan), Pelaksanaan (Do), Refleksi (See) dan dilanjutkan  dengan  tahapan tindak lanjut. ajaran; 2) inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran; 3) inovasi dalam evaluasi pembelajaran; 4) inovasi dalam kepengawasan pembelajaran. Selain itu pelalsanaan LSBS juga berdampak baik terhadap peningkatan profesionalisme guru (kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial), dan budaya sekolah (terbangunnya komunitas belajar di lingkungan sekolah, meningkatnya publikasi ilmiah, meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, dan tercapainya sasaran kinerja ASN).