PENGEMBANGAN MODEL INKUIRI MORAL PADA PEMBELAJARAN MENULIS POSTER KONTEKS MULTIKULTURAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER
Abstract
Kemampuan menulis poster dalam konteks multikultural di sekolah memiliki peranan penting untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam hidup masyarakat dan berbudaya secara nyata.Untuk memenuhi hal tersebut, diperlukan adanya model pembelajaran menulis poster yang dapat menciptakan sistem belajar menarik, menyenangkan, dan berorientasi pada penerapan nilai-nilai moral dalam rangka pembentukan karakter. Bertolak dari pentingnya kemampuan menulis poster yang konteks multikultural dalam pembentukan karakter peserta didik, maka diadakan penelitian. Permasalahan penelitian ini adalah apakah desain model inkuiri moral pada pembelajaran menulis poster dapat meningkatkan prestasi belajar dan sekaligus dalam pembentukan karakter peserta didik. Desain penelitian dan mengembangan (research and developmen) ini dikelompokkan dalam tiga bagian yaitu, studi pendahuluan, pengembangan, dan uji validasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model inkuiri moral pembelajaran menulis poster konteks mutikultural dalam pembentukan karakter sebagai produk pengembangan ini terbukti efektif. Indikatornya adalah meningkatnya rata-rata nilai dan meningkatkan sikap / perilaku positif terhadap mata pelajaran. Berdasarkan temuan tersebut, guru dalam proses belajar mengajar hendaknya bisa lebih kreatif dan aplikatif dalam menggunakan model-pembelajaran dalam rangka membangun manusia cerdas intelektual dan emosi.