PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PEMINATAN MENGENAI RUMUS JUMLAH DAN SELISIH SINUS DAN KOSINUS DUA SUDUT PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 CISAAT

Abstract

Kegiatan ini fokus pada penerapan model discovery learning dalam proses pembelajaran trigonometri rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus dua sudut di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cisaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendokumentasikan praktik terbaik dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Best Practices. Dalam pelaksanaan Best Practices, digunakan strategi pemecahan masalah dengan konseptualisasi penyelesaian masalah dengan 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Model pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning untuk menemukan dan menurunkan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut yang diarahkan dalam sebuah LKPD. Peningkatan kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam penerapan model discovery learning ini ditunjukkan dari perolehan nilai hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari nilai pre test yang awalnya hanya 50% siswa mencapai KKM 78 meningkat menjadi 100% siswa yang mencapai KKM 78. Selain meningkatkan hasil belajar matematika siswa, penerapan model discovery learning di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cisaat membuat proses pembelajaran yang terjadi cukup menyenangkan dan memberi kesan baik terhadap matematika.