UPAYA PENINGKATAN KERJA ILMIAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR BERBASIS INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) Meningkatkan kerja ilmiah siswa melalui penerapan model siklus belajar berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA siswa kelas IX E tentang materi listrik dinamis SMP Negeri 1 Kawedanan tahun pelajaran 2019/2020 dan (2) Mengetahui persepsi siswa terhadap penerapan model siklus belajar berbasis inkuiri pada pembelajaran IPA siswa kelas IX E tentang materi listrik dinamis SMP Negeri 1 Kawedanan tahun pelajaran 2019/2020 .Strategi penelitiannya adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu PTK, dengan strategi analisis data bersifat siklus. Sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan cara purposive sampling, yaitu kelas IX E berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri melalui siklus belajar baik pada siklus I dan siklus II. Persentase ketertarikan mereka meningkat dari siklus I yaitu 92% menjadi 94% pada siklus II. Dengan demikian mereka semakin tertarik dengan metode tersebut. Ketertarikan tersebut menurut mereka karena metode ini mudah dilakukan (siklus I sebesar 77% dan siklus II 86%). Ketertarikan mereka dibuktikan dengan ingin menerapkan metode ini pada setiap pembelajaran fisika yaitu pada siklus I sebanyak 92% dan tetap menunjukkan angka yang sama pada siklus II. Begitu juga pada siklus I dan siklus II mereka menginginkan pembelajaran dengan metode inkuiri diterapkan pada materi IPA lainya (83%).