PENGGUNAAN EMODUL INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA AKADEMIK SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS X MIPA 7 SMAN 1 GARUT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris dengan menggunakan  Emodul Interaktif dengan metode  Discovery learning. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa SMA dengan fokus pada siswa Berprestasi Rendah (LA) dan Berprestasi Tinggi (HA). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 Siklus. Prosedur penelitian meliputi tahap refleksi, perencanaan pelaksanaan tindakan dan observasi. Behavioral Engagement (BE) Data diperoleh melalui observasi, data lain berupa Psychologycal Engagement (PE) dan Cognitive Engagement (CE) diperoleh melalui angket student engagement berdasarkan Student engagement Instrument (SEI). Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan E Modul Interaktif dengan metode  Discovery Learning dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya pada materi Past Tense vs Present Perfect Tense. Persentase rata-rata semua aspek BE yang diamati pada siswa LA sebelum diberikan perlakuan. Siklus I, Siklus II dan Siklus III masing-masing sebesar 13,7%, 35, 24%, 48,26% dan 64, 24 &%. Sedangkan hasil BE siswa HA sebelum perlakuan diberikan. Siklus I, Siklus II, dan Siklus III masing-masing sebesar 22,2%, 48,97%, 56,6% dan 64,76%. Hasil PE siswa HA sebelum diberikan perlakuan siklus III meningkat dari 3,75%, hasil LA siswa meningkat sebelum diberikan perlakuan terhadap siklus III yaitu 2,94% sedangkan pada siswa HA meningkat 2,95. %.