PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Kurang aktifnya siswa dalam pembelajaran matematika menyebabkan hasil belajar yang tidak memuaskan atau tidak mencapai kkm. Hal ini dapat disebabkan salah satunya dengan metode guru yang kurang memotivasi siswa dalam belajar. Melihat kenyataan tersebut di atas, maka penulis berusaha membuat inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mengaktifkan siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini diharapkan agar siswa termotivasi dan terangsang untuk lebih aktif dalam belajar. Jika siswa telah aktif dalam belajar, maka materi yang dipelajari dapat diterima dengan mudah dan rasa senang. Salah satu metode yang diterapkan adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas VIIIB dengan jumlah siswa 32 orang dan waktu penelitian ini berlangsung selama 2,5 pekan dengan melalui 2 siklus. Dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini, ternyata hasil belajar siswa meningkat dari nilai siklus I ke siklus II untuk bangun ruang sisi datar dengan materi menentukan luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas. Hal ini terlihat dari penilaian formatif yang telah diberikan. Untuk itu penulis berharap, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangsih terhadap peningkatan mutu pendidikan umumnya dan menjadi khasanah inovatif pembelajaran matematika, khususnya di kelas.