KONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBAL MENURUT AZYUMARDI AZRA

Abstract

Sistem pendidikan Islam di Indonesia belum menemukan bentuk yang ideal dalam menjawab tantangan perubahan di era global. Azyumardi Azra menawarkan ide-ide pembaharuan yang menarik untuk dikaji sebagai salah satu alternatif pemecahan problem pendidikan Islam. Problem akademik dalam penelitian ini; Pertama, bagaimana kritik Azyumardi terhadap pendidikan Islam dan bagaimana solusi yang ditawarkan. Kedua, bagaimana kekuatan dan kelemahan tawaran Azyumardi azra terhadap pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kritik Azyumardi Azra terhadap pendidikan Islam dan solusi yang ditawarkannya, serta mengetahui kekuatan dan kelemahan tawaran Azyumardi Azra tentang konstruksi pendidikan Islam di era global dalam perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filsafat kritis dengan teori Filsafat Pendidikan Islam. Sumber data primer adalah karya-karya Azyumardi Azra yang terkait pembaharuan pendidikan Islam, sedangkan karya lain dijadikan sebagai data sekunder. Metode pengumpulan data adalah dokumentasi. Analisa data menggunakan content analysis. Temuan dalam penelitian adalah ide-ide pokok Azyumardi meliputi kritik epistimologi keilmuan Islam, paradigma pembelajaran, pengembangan Sumber Daya manusia. Kontribusi penelitian ini adalah tawaran Azyumardi Azra bagi konstruksi baru pendidikan Islam di era global meliputi pembelajaran emansipatoris, misi profetis sebagai dasar pengembangan SDM dan menawarkan model alternatif lembaga pendidikan Islam dengan Sekolah Elit Muslim dan madrasah unggul.