ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Abstract

Pelajaran matematika untuk sebagian siswa bukanlah hal yang menyenangkan, itu disebabkan dasar pembelajaran matematika yang didapatkan siswa tersebut sangat kurang sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri dalam belajar . Apalagi pembelajaran matematika yang dilakukan secara daring membuat sebagian siswa kesulitan untuk mempelajarinya. Untuk itu perlu dilakukan tinjauan ilmiah sehingga dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan belajar matematika secara daring. Kesulitan yang dialami siswa akan menghambat proses pembelajaran selanjutnya sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Kesulitan yang dialami siswa akan menghambat proses pembelajaran selanjutnya sehingga tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menemukan kesulitan yang dialami siswa dan menemukan cara untuk mengatasinya. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 8 pada semester genap di Sekolah Menengah Pertama Negeri 202 Jakarta terhadap mata pelajaran matematika.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey, dengan memberikan instrument kepada siswa untuk mendapatkan fakta yang ada di SMPN 202. Dari hasil survey penelitian didapatkan beberapa penyebab dari kesulitan belajar matematika secara daring yang menyebabkan hasil belajar akademik siswa tidak sesuai standar.. Hal ini disebabkan beberapa hal yang berasal dari factor internal dan eksternal. Dari faktor internal, siswa sulit memahami materi matematika disebabkan kemampuan berpikir yang agak lambat. Sedangkan dari factor eksternal, siswa tidak ada teman diskusi/ bertanya saat mengalami kendala dalam pelajaran matematika, tidak ada jaringan internet di rumah dan kapasitas telepon genggam yang digunakan sebagai sarana belajar tidak memadai, sehingga di saat menggunakan aplikasi seperti google classroom harus menghapus aplikasi yang lain supaya bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh.