PENGEMBANGAN MODUL ONLINE ZAT ADITIF DENGAN SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul online dengan Self Regulated Learning, yang teruji kelayakannya untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA kelas VIII pada materi zat aditif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Validasi media menggunakan lembar kelayakan yang dikembangkan oleh Pusmenjar. Uji coba media dilakukan 2 kali yang meliputi: uji keterbacaan terbatas terdiri dari 10 siswa dan uji keterbacaan luas yang terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-A sejumlah 32 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan modul Zat Aditif dengan Self Regulated Learning memiliki validasi conten materi sebesar 91%, kesesuaian icon SRL 92%, kesesuian media 90%, uji terbatas 98%, uji luas 97%, dan nilai N-gain sebesar 0,772 masuk dalam kategori tinggi. Ketuntasan klasikal kelas VIII-A dengan menggunakan modul tersebut 97%. Modul online dengan self regulated learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Modul online ini tidak hanya berisi informasi, namun didalamnya terdapat arahan, tip dan trik untuk melakukan instruksi, memberikan pilihan strategi, dan ada komunikasi dengan pembaca. Selain itu juga dilengkapi dengan penguatan teori yang telah dipelajari serta contoh soal yang dapat digunakan untuk melatih kemandirian guna meningkatkan hasil belajar.