PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR KOMPOSISI FOTO DAN VIDEO DENGAN METODE TUTOR SEBAYA DAN BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Prestasi Belajar Komposisi Foto dan Video (Type of Shot) siswa kelas XI Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 1 Bangil, metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran dengan subyek siswa berjumlah 32 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan (1) rancangan awal, (2) Pengamatan, (3) Refleksi, dan (4) rancangan yang direvisi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar Komoposisi Foto dan Vide (Type of Shot) dengan metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran yaitu pada siklus I dengan rata-rata 68,91 dan siswa yang mengalami ketuntasan belajar dengan memperoleh nilai > 70 sebanyak 22 siswa (68,76 %). Sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 82,97 dan siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 siswa (87,50%) dengan demikian metode pembelajaran tutor sebaya (peer tutoring) dan berbantuan youtube sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar Komposisi Foto dan Video (Type of Shot) siswa kelas XI Produksi dan Siaran Program Televisi (PSPT) SMK Negeri 1 Bangil dan bisa digunakan di sekolah lainnya pada mata pelajaran yang berbeda