MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA REALIA PADA MATERI BANGUN DATAR

Abstract

Tujuan penetilian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar matematika menggunakan media realia pada siswa kelas XI  Listrik 1 SMK Negeri 1 Bangil Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan karena rendahnya rata-rata nilai prestasi belajar matematika kelas XI Listrik 1 di SMK Negeri 1 Bangil kabupaten Pasuruan pada pokok bahasan Bangun Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dalam satu siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan/tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).  Penggunaan media realia dimaksudkan untuk mengkonkritkan pembelajaran matematika yang abstrak tentang bangun datar sehingga dapat memotivasi siswa untuk belajar matematika. Setelah diadakan evaluasi melalui tes tertulis diperoleh data yaitu pada siklus I, nilai rata-rata kelas 69,72  dan dari 36 siswa terdapat 22 siswa (61,1 %) sudah mencapai nilai ketuntasan yaitu > 70. Sedangkan pada siklus II hasil evaluasi diperoleh rata-rata kelas 79,58 dan  terdapat 34 siswa (94,4 %) sudah mencapai nilai ketuntasan > 70. Dengan demikian penggunaan media realia dapat meningkatkan prestasi belajar matematika.