PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR PAKAN TERNAK KELAS X ATR 2 SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN

Abstract

Guru mata pelajaran Dasar-dasar Pakan Ternak di SMK Negeri 1 Cangkringan merasakan rendahnya hasil belajar Dasar-dasar Pakan Ternak yang diperoleh siswa selama ini. Penggunaan suatu metode coopertif learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa perlu dicoba. Penelitian ini bertujuan untuk miningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD pada mata pelajaran/kompetensi Dasar-dasar Pakan Ternak pada peserta didik SMK Negeri 1 Cangkringan kelas X ATR 2.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus sampai dengan bulan November  tahun 2019.  Subyek penelitian tindakan kelas adalah peserta didik kelas X ATR 2  SMK Negeri 1 Cangkringan  tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 35 orang peserta didik Dalam penelitian tindakan kelas ini pengambilan datanya menggunakan tes dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pada siklus I diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 80 % dan pada siklus II diperoleh nilai ketuntasan belajar klasikal sebesar 94,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar  dasar-dasar pakan ternak kelas X ATR 2 SMK Negeri 1 Cangkringan.