SUPERVISI AKADEMIK PADA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Abstract

Berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah dan supervisi yang dilakukan terhadap guru di SMK Negeri 2 Sarolangun Provinsi Jambi, ditemukan bahwa kemampuan guru dalam menyusun RPP masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang upaya meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun RPP melalui Supervisi akademik di SMK Negeri 2 Sarolangun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Prosedur penelitian dalam penelitian ini meliputi perencanaan, tindakan, obeservasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian terdiri dari 30 orang guru di SMK Negeri 2 Sarolangun. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument penilaian. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaa Pembelajaran di SMK Negeri 2 Sarolangun. Hal ini dilihat dari kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Disamping itu berdasarkan hasil penilitian yang dilakukan nilai rata-rata RPP yang dibuat oleh guru juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus 1 rata- rata nilai 70,10 dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 80,5. Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kompetensi Guru, Menyusun RPP