PROBLEM-BASED LEARNING: UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK NEGERI 3 TEBO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang mengacu pada penerapan model pembelajaran Problem-Based Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-1 SMK Negeri 3 Tebo Tahun Pelajaran 2019/2020. Data pelaksanaan proses pembelajaran oleh guru dilaksanakan melalui lembar observasi proses pembelajaran, data respon siswa terhadap proses pembelajaran dilaksanakan melalui lembar angket respon siswa, data motivasi belajar siswa dilaksanakan melalui lembar observasi motivasi belajar siswa, sedangkan data perubahan perilaku motivasi belajar siswa dilaksanakan melalui lembar angket perubahan perilaku motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I, pelaksanaan proses pembelajaran, respon siswa terhadap proses pembelajaran, motivasi belajar siswa, danpPerubahan motivasi belajar siswa berada pada kategori belum berhasil. Sedangkan pada siklus II, kegiatan tersebut berada pada kategori berhasil.