PENERAPAN METODE CIRC(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA KEUANGAN MATERI MENGELOLA DANA KAS KECIL KELAS XII OTKP1 SMK NEGERI 1 SURABAYA

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui proses kerja individu oleh guru kelas dengan upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan materi mengelola danakas kecil melalui metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk mewujudkan kegiatan pembelajaran yang menarik adalah melalui penentuan model dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.Contoh  model pembelajaran yang hampir sesuai dengan karakteristik kebanyakan mata pelajaran adalah model pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning Model). Hasil observasi di kelas XII otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) 1 SMK Negeri 1 Surabaya pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan (OTK Keuangan), peserta didik tampak kurang termotivasi dalam belajar ketika metode yang digunakan guru hanya ceramah baik menggunakan media papan tulis ataupun slide powerpoint. Dengan demikian, penting untuk diadakan Penelitian Tindakan Kelas agar dapat ditemukan pembelajaran Metode Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Dan Tata Kelola Keuangan. Melalui penerapan metode pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada mata pelajaran OTK Keuangan materi mengelola dana kas kecil, diharapkan dapat menjadikan siswa lebih aktif dan termotivasi untuk belajar di kelas sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.