PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MENGEMBANGKAN PROFESI MELALUI PEMBIMBINGAN PENULISAN PTK BAGI GURU SMK

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melatih guru agar mampu melakukan pengembangan profesi melalui pendampingan dan pembimbingan, membina guru dalam mempertinggi kompetensi profesionalnya, membina guru dalam mengembangkan karir profesi dan kepangkatannya, dan membantu guru dalam memperbaiki mutu proses pembelajaran di kelas melalui pendampingan dan pembimbingan agar guru semakin profesional, sehingga proses belajar mengajar menjadi lancar dan prestasi belajar siswa meningkat. Setelah mengetahui permasalahan ini, pengawas dapat mengoptimalisasi kompetensi guru melalui pendampingan dan pembimbingan bagi Guru SMK Kabupaten Kulon Progo. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Subyek penelitian adalah guru binaan yang membutuhkan pendampingan intensif, pada sekolah binaan di kabupaten Kulon Progo. Dari hasil penelitian yang diperoleh dari sembilan guru binaan dapat disimpulkan pendampingan dan pembimbingan dapat meningkatkan pengetahuan guru tentang pengembangan profesi; meningkatkan motivasi guru untuk melakukan kegiatan pengembangan profesi; meningkatkan motivasi guru untuk menulis PTK; meningkatkan aktivitas menulis bagi guru dan dapat meningkatkan  profesionalisme guru.