MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN MAJALAH DINDING KELAS

Abstract

Best practice ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan peningkatan minat baca siswa melalui gerakan majalah dinding (mading) kelas di SMP Negeri 2 Yogyakarta; (2) mengetahui dampak positif dari kegiatan gerakan mading kelas terhadap peningkatan minat baca siswa di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Best practice ini merupakan pengalaman penulis dalam upaya meningkatkan minat baca siswa melalui gerakan mading kelas. Data diperoleh dengan pengamatan dan pengisian angket. Data dianalisis secara deskreptif komparatif dari hasil pengamatan dan pengisian angket selama tiga kali. Hasil best practice menunjukkan bahwa gerakan mading kelas dengan tahapan: menentukan tema mading, membagi tema mading, membuat mading, memajang mading, mengunjungi, melihat dan membaca mading, serta lomba mading yang dilaksanakan dengan sistem berkala telah dapat meningkatkan minat baca siswa. Hasil analisis data dari angket yang telah diisi siswa menunjukkan bahwa dilihat dari tiga aspek yaitu aspek pemusatan perhatian, motivasi membaca, dan usaha membaca, melalui 3 kali pembuatan mading kelas, menunjukkan adanya peningkatan minat baca. Pada pelaksanaan gerakan mading kelas pertama, hasil penilaian minat baca siswa  cukup baik, pada pelaksanaan kedua hasilnya baik, dan pelaksanaan ketiga hasilnya amat baik. Dengan demikian program ini akan terus dilanjutkan dengan harapan minat baca para siswa terus dapat ditingkatkan.