METODE MAKE A MATCH DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI SISTEM 5 KINGDOM

Abstract

Pada pembelajaran materi Klasifikasi Sistem 5 Kingdom, banyak siswa menuturkan cukup merasa kesulitan memahami dan menghafalkan materinya, serta keaktifan siswa juga kurang maksimal. Dari permasalahan tersebut maka penulis mencoba mencari solusi dengan  melakukan perubahan metode pembelajaran, diharapkan terjadi peningkatan terhadap keaktifan  siswa selama proses pembelajaran materi tersebut dan hasil belajar siswapun meningkat. Metode pembelajaran kooperatif make a match dianggap sesuai dalam proses pembelajaran materi Klasifikasi Sistem 5 Kingdom. Tujuan penelitian ini untuk mencari solusi terhadap masalah pembelajaran siswa pada materi Klasfifikasi Sistem 5 Kingdom menggunakan   pembelajaran kooperatif make a match serta meningkatkan motivasi belajar, keaktifan dan nilai hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Analisis Deskriptif, yang dilaksanakan pada 2 kelas paralel (7A dan 7C) dengan karakter siswa yang sama. Pada kelas sampel 7A dilakukan pembelajaran konvensional sementara pada kelas sampel 7C dilakukan kegiatan belajar dengan pendekatan make a match.  Penelitian dilakukan selama 3 kali pertemuan sesuai dengan pemberian materi yang diagendakan. Pengumpulan data dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung dengan 3 tahap yaitu observasi, evaluasi belajar berupa pos test, dan wawancara. Hasil yang diperoleh adalah terjadi peningkatan signifikan terhadap persentase nilai hasil belajar dan keaktifan siswa pada kelas sampel yang diberikan pembelajaran kooperatif metode make a match. Sementara kelas sampel yang tidak diberikan hanya sedkit menampakkan peningkatan. Disimpulkan bahwa ada pengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa yang diajar dengan metode make a match, peningkatan terjadi pada keaktifan dan hasil belajar siswa pada kelas yang diberikan pembelajaran dengan make a match dibandingkan siswa pada kelas yang diajar dengan metode konvensional.