VIDIO SHARING SEBAGAI KIAT MENGAKTIFKAN SISWA DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA SMA NEGERI 2 PINTU RIME GAYO

Abstract

Pembelajaran  di kelas sangat membutuhkan strategi maupun media yang tepat, efektif dan efisien. Sejalan dengan hal itu perlu adanya pembaharuan yang mengacu kepada upaya peningkatan keaktifan dan  nilai kognitif siswa yang sebelumnya relative  rendah. Hal ini dilihat pada pembelajaran materi Gerak Lurus, yang mungkin sulit dimengerti oleh siswa di tambah lagi adanya pengurangan alokasi waktu belajar tatap muka masa pandemi Covid 19. Media Pembelajaran Vidio sharing/youtube  dapat menjawab tantangan dan menjadi salah satu alternative bagi guru untuk mengaktifkan siswa dan hasil belajar materi gerak lurus. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa tentang materi gerak lurus dan pengaruh penggunaan media vidio youtube terhadap keaktifan belajar siswa.  dengan subjek penelitian siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Pintu Rime Gayo. Melalui penelitian dua siklus diperoleh adanya kemajuan rerata hasil belajar siswa, dari 40,90% di siklus 1, didapat peningkatan yang signifikan di siklus 2 yakni 86,36%. Hasil rerata penilaian belajar dan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas belajar pada setiap siklusnya yaitu siklus 1 nilai rerata 68,89 dengan jumlah siswa tuntas 9  dari 22 siswa. Untuk siklus 2 didapat rerata 85,19 dengan siswa yang tuntas 19 orang dari 22 siswa. Berdasarkan instrument amatan, dapat dinyatakan  aktivitas siswa dalam proses pembelajaran Fisika dengan pembelajaran konstektual menggunakan media vidio youtube yang paling dominan adalah menonton secara seksama, mampu membuat ringkasan hasil yang di tonton, menyimak deskripsi yang diberikan guru serta bertukar pikiran antara siswa dengan guru dan siswa dengan siswa dengan nilai pada siklus I reratanya 74 dan di siklus II dengan rerata keaktifan peserta didik 82,92.