SETRATEGI PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 2 PENAWANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan dan hasil belajar PAI siswa kelas VII D SMP Negeri 2 Penawangan melalui metode pembelajaran Cooperative Script . Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan alat pengumpul data dari observasi, tes dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa melalui metode cooperative script mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Kondisi Pra Siklus,Siklus I dan II menunjukkan bahwa prosentase keaktifan siswa ketegori rendah mengalami penurunan dari 66,66% - 55,55 % - 22,22%, kategori sedang mengalami peningkatan dari 29,62% - 33,33% - 59,26% kategori tinggi dari 3,70% - 11,11% - 18,52%, melalui Penerapan metode cooperative script mampu meningkatkan hasil belajar siswa , hal ini dapat dilihat data perolehan nilai pada Pra siklus - siklus I - Siklus II secara berurutan, dari 27 siswa yang belum tuntas KKM 75 mulai 59,3% - 48,15% - 14,81%, siswa yang mencapai KKM 75 dari 40,74% - 51,84% - 85,19% dengan peningkatan nilai rata-rata kelas dari 74,81 - 77,04 - 85,19 setelah adanya tindakan.