PEMBELAJARAN PEER TEACHING (TUTOR SEBAYA) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI ELEKTROKIMIA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi elektrokimia dengan menggunakan pembelajaran peer teaching (tutor sebaya). Metode penelitian ini yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Data Penelitian diperoleh melalui dokumentasi observasi dan tes hasil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XII IPA1 SMA Negeri 2 Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan subjek penelitian adalah. Rata-rata hasil observasi terhadap aktifitas belajar pada setiap siklus dengan 2 indikator minat dalam pembelajaran dan kerja sama dalam kelompok yaitu pada siklus 1 sebesar 77,00% (kategori sangat baik), siklus 2 sebesar 79,00% (kategori sangat baik) dan siklus 3 sebesar 78,56% (kategori sangat baik). Hasil nilai rata-rata penilaian belajar dan ketuntasan belajar secara klsikal pada setiap siklus yaitu siklus 1 dengan nilai rata-rata 62,92 dan ketuntasan secara klasikal 50,00%, siklus 2 dan siklus 2 dengan nilai rata-rata 67,79  dan ketuntasan secara klasikal 67,79% serta siklus 3 dengan nilai rata-rata 71,39 dan ketuntasan secara klasikal 71,39%.