PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IXB SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 7 BATANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 TERHADAP MATA PELAJARAN SENI BUDAYA MELALUI PENDEKATAN APRESIASI

Abstract

Kita sering melihat dalam proses belajar-mengajar siswa seringkali kurang aktif, terutama dalam pembelajaran yang berhubungan dengan seni budaya. Mereka sering menyepelekan pelajaran seni budaya karena dianggap tidak menentukan kelulusan anak. Hasil pengamatan dan pengalaman selama mengajar di SMP Negeri 7 Batang, penulis merasakan bahwa kondisi seperti yang telah diungkapkan didepan benar-benar terjadi sehingga mata pelajaran seni budaya merupakan pelajaran pelengkap saja. Upaya yang penulis lakukan untuk mengatasi fenomena tersebut, melalui Motivasi belajar peserta didik, dimana siswa diberi motivasi dalam pembelajaran seni budaya dalam hal ini belajar membuat poster. Sehingga penulis mendapatkan hasil data dari penugasan siswa dari instumen prosedur dan unjuk kerja Siswa, pada Siklus 1 dengan mendapatkan ketuntasan belajar siswa mencapai 73,68%, pada Siklus 2 mendapatkan ketuntasan belajar siswa sebesar 84,21% dan pada Siklus 3 mendapatkan ketuntasan belajar siswa sebesar 92,11%. Dengan demikian dari hasil tersebut bahwa pembelajaran pendekatan apresiasi cukup efektif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dibandingkan dengan kondisi awal.