PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN dan KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE PAIRED STORYTELLING pada SISWA KELAS IX E MTs NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan bercerita siswa MTs N 2 Sragen dengan metode paired storytelling. Perolehan data bersumber dari informan, dokumen, dan proses pembelajaran. Pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, wawancara, dan tes yang dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Uji validitas data menggunakan review informan, trianggulasi sumber data, dan trianggulasi metode. Hasil penelitian yaitu kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan yang dari tiap siklusnya. Rata-rata nilai bercerita siswa mengalami peningkatan dari pratindakan sebesar 26,4 % menjadi 52,9% pada siklus I. Kemudian meningkat menjadi 73% pada siklus II. Metode paired storytelling dilakukan sebagai berikut: (1) guru meminta siswa menentukan pasangan; (2) guru membacakan cerpen dan meminta siswa untuk menyimak; (3) siswa menentukan urutan alur dan pesan moral dari cerpen; (4) siswa membuat ringkasan cerpen berdasarkan alur cerita; (5) siswa berlatih bercerita bersama pasangannya; (6) siswa tampil menceritakan cerpen dengan pasangannya.