PENINGKATAN KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN dan KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE PAIRED STORYTELLING pada SISWA KELAS IX E MTs NEGERI 2 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan kemampuan bercerita siswa MTs N 2 Sragen  dengan metode paired storytelling. Perolehan data bersumber  dari informan, dokumen, dan proses pembelajaran. Pengumpulan data melalui analisis dokumen, observasi, wawancara, dan tes yang dianalisis dengan teknik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Uji validitas data menggunakan review informan, trianggulasi sumber data, dan trianggulasi metode. Hasil penelitian yaitu  kualitas proses pembelajaran mengalami peningkatan yang dari tiap siklusnya.  Rata-rata nilai bercerita siswa mengalami peningkatan dari pratindakan  sebesar 26,4 % menjadi 52,9% pada siklus I. Kemudian meningkat menjadi 73% pada  siklus II. Metode  paired storytelling dilakukan  sebagai berikut: (1) guru meminta siswa menentukan pasangan; (2) guru membacakan cerpen dan meminta siswa untuk menyimak; (3) siswa menentukan urutan alur dan pesan moral  dari cerpen; (4) siswa membuat ringkasan  cerpen  berdasarkan alur cerita; (5) siswa berlatih bercerita bersama pasangannya; (6) siswa tampil menceritakan cerpen dengan  pasangannya.