PENGGUNAAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui berbagai materi IPA yang terdiri dari getaran, gelombang dan bunyi. Peningkatan tersebut dilakukan dengan menggunakan model Student Teams-Achievment Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kudus, di mana subyek penelitian adalah siswa kelas VIII J MTs Negeri 1 Kudus tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 32 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Deskriptif komparatif merupakan metode dalam menjelaskan data penelitian di mana dilakukan dengan cara membandingkan data dari kondisi awal, siklus I, siklus II dan siklus III yang terdiri dari aktifitas maupun hasil belajar pada siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan Student Teams-Achievment Divisions (STAD) cukup baik dalam upaya meningkatkan tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII J MTs Negeri 1 Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Pada hasil siklus I menunjukkan bahwa tingkat keaktifan pada siswa masih cukup baik yang ditandai dengan hasil keaktifan sebesar 1,75. Pada siklus II tingkat keaktifan mengalami peningkatan dari 1,75 menjadi 2,28. Selanjutnya pada siklus III terdapat peningkatan keaktifan yang cukup signifikan dengan tingkat keberhasilan mencapai 2,9. Hal tersebut menunjukkan bahwa pada siklus III dikatakan berhasil karena mempunyai nilai lebih besar dari 2,5. Sedangkan untuk peningkatan siswa yang tuntas belajar pada siklus I sebesar 66 persen, siklus II sebesar 81 persen, dan siklus III sebesar 99,97 persen siswa tuntas belajar.