PENINGKATAN HASIL DAN PROSES BELAJAR IPA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL EKSPLORER ENVIRONMENT DAN EKSPERIMENT LEARNING
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) peningkatan hasil dan proses belajar IPA materi Sistem Ekskresi Manusia dengan Model eksplorer Environment dan eksperiment Learning (E3L). Penelitian dilaksanakan di MTs N 4 Klaten kelas 8E tahun pelajaran 2017/2018 dengan subyek penelitian guru IPA dan siswa kelas 8E yang terdiri dari 17 siswa dan 16 siswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan masing masing siklus terdiri dari 2 pertemuan , setiap pertemuan mempunyai empat tahap yaitu:(1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan tindakan, (3) tahap pengamatan, dan (4) tahap refleksi. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif analitik, yaitu dengan menganalisa perubahan hasil belajar dan proses belajar antara keadaan awal dengan siklus 1, menganalisa perubahan siklus 1 dan siklus 2 dan menganalisa perubahan keadaan awal dan siklus 2. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa: Penerapan model eksplorer environment dan eksperiment (E3L) dapat meningkatkan hasil belajar dan proses belajar IPA materi sistem eksresi manusia di kelas 8E MTs N 4 Klaten semester genap tahun pelajaran 2017/2018