UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN METODE COOPERATIVE LEARNING JIGSAW

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Cooperatif Learning Jigsaw untuk meningkatkan aktivitas guru dan prestasi belajar IPA siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2015/2016 (subyek penelitian siswa kelas VIII D berjumlah 42 siswa). Metode yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan teknik analisa data berupa analisis perbandingan peristiwa yang timbul dari tiap siklus berupa nilai dan peningkatannya. Dari keseluruhan putaran/siklus yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Cooperative Learning Jigsaw dapat dijelaskan bahwa: 1) Aktivitas siswa pada siklus I sampai III mengalami peningkatan dari 48,30% menjadi 83,45%, 2) Aktivitas guru pada siklus I hingga III juga mengalami peningkatan dari 57,75% menjadi 89,50% dan, 3) Prestasi belajar IPA pada kemampuan awal nilai rata-rata kelas 60,00 pada siklus I sampai III menjadi 73,10.  Penerapan metode pembelajaran tersebut cukup efektif di mana jumlah siswa mendapat nilai 65 ke atas mencapai 85,71% sehingga diasumsikan bahwa sebagian besar siswa telah menuntaskan belajar IPA, dan tinggal 6 siswa (14,29%) yang belum menuntaskan belajar IPA  yang memiliki nilai rata-rata 60. Metode pembelajaran tersebut terbukti sesuai dan baik dalam upaya meingkatakan aktifitas belajar siswa di Kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Kabupaten Kudus.