UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII-D MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA di SMP NEGERI 11 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Mata pelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, rasional dan ilmiah siswa. Peningkatan mutu pendidikan harus didukung oleh berbagai pihak yaitu dari pendidik, peserta didik, dan pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses berpikir kreatif siswa kelas VIII-D melalui pembelajaran berbasis Lesson study pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia di SMP Negeri 11 Surabaya. (2) Menganalisis tingkat berpikir kreatif siswa kelas VIII-D melalui pembelajaran berbasis Lesson Study pada materi sistemikulasi manusia di SMP Negeri 11 Surabaya.Teknik analisis kualitatif yang digunakan dalam penelitian ini yang dilakukan secara bertahap. (1) memilih dan mengelompokkan (2) menjelaskan atau mendeskripsikan data, (menyimpulkan data). Persentase kegiatan diskusi berkelompok meningkat 12,5%, penyajian kegiatan bertanya kepada guru 3,1% penyajian kegiatan menjawab pertanyaan guru meningkat 6,25% dan penyajian jawaban soal guru meningkat 6,25% dan penyajian jawaban soal. aktivitas pertemanan sebesar 12,5%. Sedangkan pada kemampuan berpikir kreatif siswa terdapat peningkatan 3 siswa yang mampu berpikir kreatif dalam kategori tinggi, terdapat peningkatan 6 siswa yang mampu berpikir kreatif dalam kategori tinggi, dan terdapat 10 siswa yang masih memiliki kemampuan berpikir kreatif. keterampilan berpikir kreatif rendah.