PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA 1 MAN Wonogiri Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang yang terbagi dalam jumlah siswa laki-laki sebanyak 6 orang dan perempuan 21 orang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dengan penggunaan media pembelajaran video pada konsep Bioteknologi. Hasil belajar yang dinilai adalah ranah kognitif dengan mengambil nilai tes dan ranah psikomotor berupa aktivitas siswa yang diukur berdasarkan hasil observasi meliputi kegiatan visual yaitu siswa memperhatikan penjelasan guru, kegiatan berbicara yaitu siswa mengajukan pendapat, berdiskusi, dan atau bertanya, kegiatan menulis yaitu siswa menyelesaikan tugas LKS yang berkaitan dengan video pembelajaran, dan kegiatan yang berkaitan dengan emosi yaitu siswa terlihat senang, antusias dan semangat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar (kognitif) pada konsep materi Bioteknologi dengan penggunaan media pembelajaran video. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai siswa pada siklus I sebesar 73,86 dan 80,25 pada siklus II. Pencapaian ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan, yaitu 74,1% pada siklus I dan 92,6% pada siklus II. Data observasi aktivitas siswa pun menunjukkan peningkatan dengan penggunaan media pembelajaran video, rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 52,5% dan 70% pada siklus II.