PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN SINKRON DAN ASINKRON MELALUI GOOGLE CLASSROOM, GOOGLE MEET DAN APLIKASI E-LEARNING

Abstract

Tujuan penulisan Best Practice ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Inggris terutama siswa kelas XII MAN 4 Kediri selama musim pandemi yang menggunakan pembelajaran sistem daring (dalam jaringan). Penerapan asinkron dengan menggunakan e-learning, grup WA dan sinkron dengan menggunakan google meet dan video conference mampu meningkatkan prestasi belajar bahasa Inggris. Data yang diambil dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pada pembelajaran selama bulan Oktober dan November serta data hasil nilai ulangan harian 1 dan 2. Dari hasil penelitian diperoleh hasil peningkatan aktifitas peserta didik dari 38% pada minggu ke-1 bulan Oktober menjadi 95% pada minggu ke-4  bulan November. Peningkatan ini berbanding lurus dengan hasil ulangan harian 1 dengan rata-rata 76,7 menjadi 87,6 pada ulangan harian 2 dengan ketuntasan mencapai 95%. Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa kombinasi pembelajaran daring dengan sinkron dan asinkon mampu meningkatkan prestasi belajar Bahasa Inggris peserta didik.