MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA PADA MATERI BENTUK MOLEKUL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET SIMULATIONS
Abstract
Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia pada materi Bentuk Molekul maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan PhET (Physics Education and Technology) Simulations. Penelitian yang dilakukan terhadap 21 peserta didik (9 laki-laki dan 12 perempuan) kelas X IPA SMAN 1 Wolowae Propinsi Nusa Tenggara Timur tahun pelajaran 2019/2020 terjadi dalam dua siklus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan metode test. Data hasil penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata nilai 71,43 pada siklus I menjadi 82,86 pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Molekul sebesar 11,43%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Discovery Learning berbantuan PhET (Physics Education And Technology) simulations dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bentuk Molekul. Oleh karena itu model pembelajaran Discovery Learning berbantuan PhET (Physics Education And Technology) simulations sangat efektif dipakai dalam pembelajaran pada materi yang abstrak seperti Bentuk Molekul dan materi sejenis lainnya.