PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI IMAN KEPADA MALAIKAT MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS VII B MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 4 PASER
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Paser mata pelajaran Akidah Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Adakah peningkatan prestasi belajar peserta didik pada pembelajaran Akidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat melalui modelĀ Numbered Head Together di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Paser Tahun Pelajaran 2019/2020. Dengan model ini mempermudah mudah guru untuk merangsang keaktifan peserta didik melalui pemberian tugas atau pertanyaan yang dikerjakan oleh peserta didik secara bersama-sama dalam kelompok kecil. Guru juga mudah memantau aktivitas peserta didik sehingga tingkat kesukaran dan permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dapat diketahui dan dicarikan solusinya oleh guru.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dapat dilihat dari hasil analisis data mulai dari pra siklus dengan rata-rata 71,3 dengan presentasi ketuntasan 41%. Pada siklus I dengan rata-rata 77,4 dengan presentase ketuntasan 76% dan siklus II meningkat menjadi rata-rata 85.40 dengan presentase ketuntasan 97%. Maka dengan demikian dapat di ambil kesimpulan bahwa penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar Aqidah Akhlak materi Iman Kepada Malaikat pada siswa kelas VII B Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Paser Tahun Pelajaran 2019/2020.