PENGARUH PENGGUNAAN DISCOVERY LEARNING DENGAN SCRAMBLE TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA N 1 KLEGO KABUPATEN BOYOLALI SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2020 / 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan discovery learning dengan scramble terhadap keaktifan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA N 1 Klego Kabupaten Boyolali Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA N 1 Klego Kabupaten Boyolali yang berjumlah 203 siswa yang terbagi dalam 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling dan diperoleh kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen (36 siswa) dan kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol (33 siswa). Desain penelitian ini adalah the randomized kontrol group pretest posttest design. Uji keseimbangan kondisi awal untuk keaktifan belajar dan hasil belajar berturut-turut menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,070 dan 0,978, keduanya lebih dari 0,05. Artinya kedua kelompok sampel dalam kondisi seimbang baik untuk keaktifan belajar maupun hasil belajar. Adapun hasil uji hipotesis keaktifan belajar menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,01 dengan rata-rata keaktifan belajar kelas eksperimen 80,11 lebih baik dari kelas kontrol 76,03. Sedangkan hasil uji hipotesis hasil belajar menghasilkan nilai signifikansi 0,023 dengan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 69,72 lebih baik daripada kelas kontrol 65,39. Masing-masing nilai signifikansi kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan discovery learning dengan scramble baik terhadap keaktifan belajar ataupun hasil belajar matematika siswa kelas X SMA N 1 Klego Kabupaten Boyolali.