PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena diketahui dan ditemukan sejumlah peserta didik memperoleh nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal mata pelajaran kelompok peminatan ilmu-ilmu sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi peserta didik tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar peserta didik Kelas XI IIS SMA Negeri 2 Takari Tahun Pelajaran 2019/2020. Langkah atau tahapan dalam penelitian adalah dengan melakukan studi dokumentasi dan pengisian instrumen/kuesioner/angket penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 36 orang, dengan sampel jenuh. Data hasil rekapan pengisian instrumen/kuesioner/angket penelitian yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Hasil analisis statistik deskriptif ditemukan, bahwa persepsi peserta didik tentang kompetensi guru berada pada kategori ‘cukup baik’ (66%) dan persepsi perseta didik terhadap hasil belajar pada kategori ‘baik’ (71%). Fenomena sebenarnya menunjukkan bahwa lebih dari setengah bagian atau sebesar 80,55% peserta didik memberikan persepsi ‘baik’ tentang kompetensi guru. Berdasarkan hasil penelitian disarankan, agar kompetensi guru ditingkatkan dengan cara lebih giat mengikuti berbagai kegiatan pengembangan diri karena persepsi tentang kompetensi guru berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.