HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM DI KELAS VII SMPN 1 PELEPAT MUARA BUNGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan gaya belajar visual siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 2) hubungan gaya belajar auditorial siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 3) hubungan gaya belajar kinestetik siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 4) hubungan gaya belajar siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif, jenis yaitu penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan VII-C yang berjumlah 70 siswa. Metode pengambilan data; 1) kuesioner model skala likert untuk variabel bebas yaitu gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, 2) dokumentasi untuk variabel terikat yaitu hasil belajar Pendidikan Agama Islam.  Teknik analisis data: untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis regresi. Hasil penelitian: 1). Ada hubungan positif signifikan gaya belajar visual siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 2). Ada hubungan positif yang signifikan gaya belajar auditorial siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 3). Ada hubungan positif yang signifikan gaya belajar kinestetik siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo. 4). Ada hubunganpositif yang signifikan gaya belajar siswa kelas VII dengan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Pelepat Muara Bungo.