PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) KELAS XI IPS 1 MAN 1 CILACAP MELALUI MODEL KOOPERATIF JIGSAW
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model kooperatif jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas XI IPS 1 MAN 1 Cilacap. Metode penelitian mengguakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model Kooperatif Jigsaw dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 motivasi dan hasil belajar siswa terus mengalami peningkatan, sebagai berikut: (1) Motivasi dengan kategori rendah mengalami penurunan yaitu dari 71,88% menjadi 38,54, sehingga pada siklus 1 ke siklus 2 dari 38,54 % menjadi 0 %; Motivasi dengan kategori sedang dari kondisi awal ke siklus 1 yaitu 21,88 % menjadi 37,50 %, sehingga pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 37,50 % menjadi 13,54 %; dan motivasi dengan kategori tinggi dari kondisi awal ke siklus 1 yaitu dari 6,25 % menjadi 23,96 %, sehingga pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 23,96 % menjadi 86,46 %. (2) Hasil belajar mengalami kenaikan yaitu dari 71,88 % menjadi 46,88 %, sehingga pada siklus 1 ke siklus 2 dari 46,88 % menjadi 12,50 %. Yang nilainya tuntas (=/> KKM) pada kondisi awal ke siklus 1 yaitu dari 28,12 % menjadi 53,12 %, pada siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 53,12 % menjadi 87,50 %. Bedasarkan prosentase tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan masing-masing nilai 100% dan 87.50%