PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING (GUIDED DISCOVERY METHOD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN ADITIF SISWA KELAS XI MIPA 8 DI SMA NEGERI 2 BANGKALAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Bangkalan, Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penemuan terbimbing(Guided Disovery Method). Subyek penelitian ini adalah 32 siswa yang terdiri dari 17 siswa putri dan 15 siswa putra pada siswa kelas XI MIPA8. Kemampuan penalaran adaptif siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan metode penemuan terbimbing lebih tinggi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan penalaran adaptif siswa yang diajar dengan metode penemuan terbimbing siklus I adalah sebesar72,58 dan siklus II adalah 86,48.Dengan demikian, kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penalaran adaptif siswa.