UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA GAME EDUKASI QUIZIZ PADA MUATAN PELAJARAN IPA MATERI SIKLUS HIDUP KELAS IV A MIN 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Abstract
Tujuan penelitian dengan menggunakan Media Game Edukasi Quiziz diharapkan mampu meningkatkan keaktifan siswa melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri atas pre tindakan, tindakan siklus I dan tindakan siklus II. Data yang diambil dalam penelitian ini merupakan data hasil observasi tindakan siklus I dan II serta data pendukung lainnya. Dari hasil penelitian diperoleh data telah terjadi perubahan tingkat keaktifan menjadi lebih baik. Hal ini terlihat dari perubahan pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada siklus I diperoleh rata-rata siswa yang aktif 50% dari 30 siswa, sedangkan siklus II diperoleh rata-rata 85%. Dengan demikian, Media Game Edukasi Quiziz dalam pembelajaran daring mampu meningkatkan keaktifan siswa pada muatan pelajaran IPA kelas IV A MIN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2020/2021 sebesar 35%.