PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN BULAT MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VI C SD NEGERI WONOSARI I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh dengan media video pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan bulat. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI C SD Negeri Wonosari I, Gunungkidul. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan media Video Pembelajaran. Data dalam penelitian ini observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar observasi dan soal tes. Analisa data menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh bahwa dalam proses pembelajaran matematika terlebih pembelajaran jarak jauh motivasi belajar siswa menurun . Hal tersebut mengakibatkan  hasil belajar siswa tidak maksimal, sehingga guru perlu mengadakan Penelitian Tindakan Kelas Penelitian Tindakan Kelas ini merupakan salah satu upaya meningkatkan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar matematika pada pembelajaran jarak jauh dengan media video pembelajaran  meningkat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika yang ditandai dengan kenaikan capaian nilai KKM, pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 64,29 % meningkat menjadi  89,29% pada siklus II. Aktivitas dan motivasi belajar siswa juga mengalami peningkatan.