PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI 006 SUNGAI BULUH KECAMATAN SINGINGI HILIRTAHUN PELAJARAN 2019/2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif type STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Metematika. Ini senada dengan pernyataan Slavin (1995) bahwa salah satu fungsi model pembelajaran type STAD adalah meningkatkan tanggung jawab individu maupun kerja kelompok. Kondisi ini akan meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa di dalam kelas yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajarnya. Hasil Penelitian menunjukkan aktivitas guru pada siklus I adalah 23 dengan kategori sempurna, pada siklus II meningkat menjadi 27 dengan kategori sangat sempurna. Untuk aktivitas siswa pada siklus I adalah 81 dengan kategori tinggi dan pada siklus II meningkat menjadi 105 dengan kategori sangat tinggi. Dan mengenai hasil bealajar siswa pada siklus I rata-rata kelasnya adalah 73,04 dengan kategori sedang pada siklus II meningkat menjadi 79,04 dengan kategori tinggi. Dengan ini menandakan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI SD Negeri 006 Sungai Buluh Kecamatan Singingi HilirTahunPelajaran 2019 / 2020