PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BERBAGAI BENTUK PECAHAN MELALUI MAKE A MATCH DI UPT SD NEGERI 12 GRESIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 12 Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik dalam memahami pembelajaran Matematika pokok bahasan berbagai bentuk pecahan melalui penerapan model pembelajaran Make A Match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data kemampuan peserta didik dalam memahami berbagai bentuk pecahan dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan hasil belajar peserta didik kelas IV di UPT SD Negeri 12 Gresik dalam memahami pembelajaran Matematika pokok bahasan berbagai bentuk pecahan melalui penerapan model pembelajaran Make A Match. Secara kuantitatif terjadi peningkatan hasil belajar berbagai bentuk pecahan dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 73% ke siklus II sebesar 88%. Hasil ini menunjukkan terjadinya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap berbagai bentuk pecahan sebesar 15%. Secara kualitatif kemampuan peserta didik dalam memahami berbagai bentuk pecahan meningkat dari kualifikasi sedang ke tinggi. Dengan demikian, penerapan Model Pembelajaran Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar berbagai bentuk pecahan pada peserta didik kelas IV UPT SD Negeri 12 Gresik Tahun Pelajaran 2019/2020.