MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETELITIAN DAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Ketelitian dan keterampilan membaca menjadi kendala bagi siswa kelas II SD Kanisius Demangan Baru. Dimana hasil belajar sangat dipengaruhi dengan bagaimana guru memilih model penyampaian materi di kelas. Maka dari itu tujuan penelitian adalah memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya telah terbukti meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan di SD Kanisius Demangan Baru. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan ketelitian dan keterampilan membaca. Hal ini ditunjukan dari data skor rata-rata awal ketelitian siswa yaitu 46,4, setelah akhir siklus I meningkat sebesar 58, dan siklus II sebesar 86 serta rata-rata awal keterampilan membaca siswa yaitu 51, setelah akhir siklus I meningkat sebesar 61, dan siklus II sebesar 82.