UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 2 PADANGKERTA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika setelah diterapkan model pembelajaran tutor sebaya siswa kelas V semester genap SD Negeri 5 Subagan tahun pelajaran 2016/2017.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V semester genap SD Negeri 5 Subagan tahun pelajaran 2016/2017, sebanyak 33 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang telah didapatkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran tutor sebaya menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar agama Hindu dari siklus I ke siklus II sebesar 17,42 pada siklus I mencapai 66,52dengan kategori cukup danĀ  pada siklus II mencapai 83,94dengan kategori baik.