PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN BAGI HASIL TERHADAP MINAT MENABUNG NASABAH PADA TABUNGAN MARHAMAH PT BANK SUMUT KCP SYARIAH KARYA

Abstract

Penelituan ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap minat menabung nasabah pada tabungan marhamah PT Bank Sumut KCP Syariah Karya. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah minat menabung nasabah pada tabungan marhamah sedangkan variabel independen terdiri dari kualitas pelayanan dan bagi hasil. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 87 nasabah. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai data primer kemudian hasil datanya dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda, dengan melakukan uji parsial (t), uji simultan (F), dan uji koefisien determinasi, dengan tingkat signifikansi sebesar 5 persen (α=0,05) yang diolah menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan dan bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap minat menabung nasabah pada tabungan marhamah yang dilihat melalui uji statistik F dengan nilai signifikansi sebesar 0,002. Hasil uji statistik t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,012 dan bagi hasil memiliki pengaruh positif dan signifikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,058.