MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MELALUI STRATEGI FIRING LINE
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini guna meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menggunakan strategi firing line. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung dengan dua siklus, dimana pada masing-masing siklus meliputi beberapa langkah, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Dalam penelitian ini yang dijadikan sebagai subjek yaitu siswa kelas V-B MI Plus Darul Hufadz Jatinangor yang berjumlah 38 orang siswa. Hasil penelitian yang diperoleh yakni strategi firing line dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa serta persentase ketuntasan belajar klasikal. Nilai rata-rata siswa pada tahap pra siklus sebesar 36,53 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 0%, pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 71,37 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 63,16%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa sebesar 81,79 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 84,21%. Penelitian ini diharapkan dapat membentuk solusi baru untuk memecahkan permasalahan dalam aktivitas pembelajaran terutama pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).