PENGARUH PENERAPAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS 3 MI PLUS AL-IHSAN KOTA BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap prestasi belajar dan jiwa kewirausahaan siswa. Penelitian ini mengĀgunakan metode kuantitatif jenis penelitian quasi experimental design dalam penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Tes prestasi belajar dan lembar penilaian jiwa kewirausahaan siswa adalah instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data. Pada masa pademi covid-19 sekolah pun dibatasi oleh karena itu sampel penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Plus Al-Ihsan yang berjumlah 15 orang yang dibagi menjadi 2 kelas (Kelas Eksperimen dan Kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang diberi perlakuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa yang tidak diberi perlakuan. Nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 86,28 sedangkan pada kelas kontrol adalah 75. Sedangkan nilai rata-rata pada jiwa kewirausahaan siswa pada kelas eksperimen 16,14 sedangkan kelas kontrolĀ 10. Berdasarkan uji hipotesis prestasi belajar nila thitung 3.982 dan hipotesis jiwa kewirausahaan siswa nilai thitung 6.081.. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Higher Order Thinking Skills terhadap Prestasi Belajar Dan Jiwa Kewirausahaan siswa kelas 3 di MI Plus Al-Ihsan.