DESAIN DIDAKTIS SEBAGAI PENGENALAN KONSEP PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh munculnya hambatan belajar (learning obstacle) peserta didik pada konsep pembagian sama banyak. Beberapa peserta didik kebingungan ketika dihadapkan dengan soal yang tidak biasa diberikan oleh guru. Seharusnya guru merencanakan suatu pengembangan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan respon peserta didik. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi hambatan belajar (learning obstacles) untuk merancang desain didaktis pembelajaran matematika materi pembagian yang dapat diterapkan di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan pendekatan desain didaktis (Didactical Design Research) dengan metode kualitatif. Partisipan penelitian yaitu 1 Guru dan 25 Peserta didik Sekolah Dasar kelas II di Bengkulu dengan karakteristik yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, tes dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui learning obstacle, kemudian peneliti menyusun antisipasi didaktis pedagogis berdasarkan learning obstacle yang telah teridentifikasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah desain didaktis pengenalan konsep pembagian dua angka. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya yaitu uji coba desain lebih lanjut untuk menghasilkan desain yang lebih efektif.