HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS 5 DI MI AL-FALAH CIBINONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan spiritual dan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas lima di MI Al-Falah Cibinong Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan sampel 28 siswa. Dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan spiritual dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa hasil penelitian Kecerdasan Spiritual dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 MI Al-Falah Cibinong Bogor berkaitan dengan hasil 0,732. yaitu berada dikisaran angka 0,70 – 0,90 yang termasuk korelasi kuat atau tinggi. Pada tabel nilai “r” Product Moment dengan df sebesar 28 pada taraf signifikan 5% diperoleh rtabel = 0,388 dan taraf 1% diperoleh 0,496. Sehingga taraf signifikansi 5% rxy = 0,732 > rtabel 0,388 dan taraf signifikansi 1% rxy = 0,732 > rtabel 0,496, berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (Ho) ditolak. Dan hasil belajar yang diperoleh oleh siswa kelas lima MI Al-Falah mendapatkan nilai memuaskan yang dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 95.14. Angka ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa di atas nilai KKM dengan predikat memuaskan. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan spiritual siswa, semakin tinggi hasil belajar yang mereka peroleh. Melihat data ini, penelitian ini dikatakan berhasil dan telah mencapai kriteria nilai yang ditentukan oleh peneliti, yaitu nilai rata-rata.