Kontektualisasi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Berkebun Vertikal Berbasis Madrasah

Abstract

Islam sebagai rahamatan lil alamin merupakan konsep kasih sayang dan kepedulian, tidak hanya pada sesama manusia, namun juga pada lingkungan. Memberdayakan lingkungan alam merupakan bagian integral tugas manusia di samping tugas penghambaan pada Allah SWT.   Artikel ini bertujuan menanamkan  sekaligus mengembangkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam kegiatan berkebun.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan  empat madrasaah Ibtidaiyyah (MIS Misbahul Islam, Al-Hidayah, Mis Nurul Iman, Mathla’ul Anwar) yang terletak di Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dokumentasi dan kuisioner. Temuan penelitian menunjukkan beberapa nilai-nilai Pendidikan Agama  yang dapat diterapkan dan dikembangkan antara lain nilai 1) spiritual; merasakan kebesaran dan kekuasaan Allah, syukur atas karuniaNya yang unik pada semesta, melatih kesabaran dan kegigihan siswa. 2) sosial; bergotong royong dalam mewujudkan tujuan bersama, rasa empati dan simpati. 3) profesionalis; bekerja berdasarkan ilmu, menghargai proses, tekun, disiplin dan berorientasi pada tujuan. Implikasi dari penelitian ini, dapat mengangkat citra madrsah ibtidaiyah karena  dapat menerapkan ajaran Islam dalam bentuk berkebun vertikal sesuai dengan kondisi dan potensi yang dimiliki madrasah masing-masing.