Upaya Meningkatan Qawa’id Bahasa Arab melalui Model Pembelajaran Mind Map di Prodi Ekonomi Syari’ah
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan qawa’id bahasa arab dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: teknik observasi, wawancara, dokumen dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif, yang mempunyai beberapa komponen yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan qawa’id bahasa arab. Peningkatan qawa’id bahasa arab tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai qawa’id bahasa arab mahasiswa pada setiap siklus yaitu nilai ratarata qawa’id bahasa arab mahasiswa sebelum tindakan (pra siklus) hanya sebesar 65,2, pada siklus I nilai rata-rata qawa’id bahasa arab mahasiswa menjadi 74,7, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,4. Sebelum dilaksanakan tindakan, mahasiswa yang memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal (≥65) hanya sebanyak 9 mahasiswa (33%), pada siklus I meningkat menjadi 18 mahasiswa (68%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 21 mahasiswa (81%).